img

Tidak hanya sebagai tempat beribadah, nyatanya masjid memiliki daya tarik lainnya, seperti arsitektur, sejarah, dan kemegahannya. Inilah 8 masjid termegah yang paling mengagumkan di dunia. Mau tahu?

Di seluruh pelosok dunia pasti ada masjid. Namun, beberapa di antaranya terlihat lebih istimewa dan menarik untuk dikunjungi, tidak hanya untuk orang muslim tapi juga penganut agama lain. Terkadang pelancong tertarik untuk mengunjungi masjid tersebut karena alasan tertentu. Mulai dari karena bentuk masjid yang unik dan megah atau sejarah yang dimiliki oleh masjid tersebut, bisa menjadi alasan untuk traveler.

Berikut adalah 8 masjid termegah di dunia versi Listverse, Rabu (25/7/2012):

1. Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi

Masjid yang berada di Mekah, Arab Saudi ini adalah masjid terbesar dan paling suci di dunia. Setiap tahunnya, masjid ini selalu menjadi target kunjungan untuk umat muslim menjalankan ibadah umroh atau haji.

Di tengah masjid yang memiliki luas sekitar 656.000 meter persegi ini, terdapat sebuah bangunan yang dikenal dengan Kabah. Kabah merupakan bangunan pertama yang dibuat oleh Nabi Adam as di bumi. Seluruh umat Muslim di seluruh dunia menjadikan Kabah sebagai kiblat salat.

Masjid besar ini memiliki 9 menara setinggi 292 kaki, dengan bentuk area indoor. Dengan memiliki ruang yang sangat luas, Masjidil Haram mampu menampung sekitar 914.000 jamaah di hari biasa dan sekitar 4 juta jamaah saat musim haji.

2. Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Dua masjid yang paling dekat dengan sejarah Islam di Arab Saudi selain Masjidil Haram adalah Masjid Nabawi. Masjid Nabawi merupakan masjid yang dibangun oleh Nabi Muhammad Saw dan menjadi tempat peristirahatan terakhirnya.

Awalnya, masjid ini hanya berukuran 50 m x 50 m dengan tinggi atap sekitar 3,5 meter. Namun, setelah berkali-kali direnovasi dan diperluas, sehingga luas bangunan Masjid Nabawi hampir mencapai 100.000 meter persegi, ditambah dengan lantai atas yang mencapai luas 67.000 meter persegi dan pelataran masjid yang dapat digunakan untuk salat seluas 135.000 meter persegi. Kini, masjid bergaya klasik kontemporer islamic ini dapat menampung sekitar 535.000 jamaah.

Masjid Nabawi memiliki 10 menara ketinggian sekitar 344 kaki dan kubah masjid yang berwarna hijau adalah bagian yang paling menonjol dan diyakini sebagai makam Nabi Muhammad Saw berada. Di jantung masjid ini juga ada satu bagian bernama ar-Rawdah an-Nabawiyah (taman surga) yang membentang di antara makam dan mimbar. Bila Anda berdoa di sana niscaya akan terkabul.

3. Masjid Hassan II, Maroko

Raja Hassan II dari Maroko ingin memberikan sebuah bangunan yang istimewa kepada penduduknya. Oleh sebab itu, dirinya membangun Masjid Hassan II di Casablanca, Maroko.

Masjid Hasan II ini memiliki luas sekitar 90.000 meter persegi dan mampu menampung hingga 100.000 jamaah. Masjid ini juga mendapat julukan “Singgasana Tuhan di Atas Air” atau “Masjid terapung terbesar di Dunia”. Selain itu, masjid yang berada di atas perairan Samudera Atlantik ini memiliki menara setinggi 210 meter dan merupakan menara masjid tertinggi di dunia.

Masjid ini dilengkapi dengan teknologi canggih. Di beberapa bagian lantai masjid menggunakan kaca tebal, sehingga jemaah dapat melihat langsung samudera Atlantik di bawah masjid. Masjid Hasan II juga mempunyai pengontrol suhu, yang akan membuat jamaah nyaman untuk beribadah di sini. Arsitektur dan interior masjid pun sangat cantik. Selain itu, masjid ini juga membuka perjalanan bagi non-muslim.

4. Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan, Abu Dhabi

Uni Emirat Arab memang terkenal sebagai kota yang penuh dengan gedung pencakar langit yang paling memukau di dunia. Berada tepat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, terdapat sebuah masjid agung bernama Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan.

Masjid ini menjadi yang terbesar di UEA memiliki luas sekitar 22.412 meter persegi dan bisa menampung sekitar 40.000 jamaah. Warna putih dan gold yang mendominasi masjid ini pun menjadi nilai lebih yang bisa menarik perhatian. Selain itu, arsitektur masjid ini menggabngkan dari seluruh dunia dan menggunakan bahan berupa batu marmer, emas, batu semi mulia, kristal , dan keramik.

Di empat sudut halaman Masjid Sheikh Zayed Bin Sultan Al Nahyan terdapat menara yang masing-masing memiliki tinggi sekitar 107 meter (351 kaki).

5. Masjid Imam Reza, Iran

Masjid Imam di Isfahan, Iran menjadi kebanggan umat Islam di negara tersebut. Masjid yang memiliki luas sekitar 598.00 meter persegi ini bisa menampung sekitar 700.000 jamaah.

Imam Reza merupakan imam ke-8 dari 12 imam yang dipercaya oleh penganut aja Syiah. Konon, Imam Reza juga masih keturunan langsung dari Nabi Muhammad Saw. Tidak hanya sebagai tempat beribadah, masjid ini juga menjadi tempat untuk belajar dan menyebarkan ilmu.

Di dalam kompleks masjid terdapat perpustakaan, museum, taman, tempat seminar, makam-makam, dan Universitas Islam Razavi Ilmu. Selain itu, arsitektur Masjid Imam Reza yang bergaya persia sangatlah memukau. Dinding masjid dilapisi dengan mosaik 7 warna dan kaligrafi.

6. Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah, Brunei Darussalam

Bila Anda mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Brunei, jangan lupa untuk datang ke Masjid Jame Asr Hassanil Bolkiah di Bandar Sri Begawan, Brunei. Masjid ini pun dinyatakan sebagai yang terbesar di Brunei.

Lingkungan masjid dihiasi dengan taman yang indah dan air mancur nan cantik. 11 Kubah berlapis emas 24 karat pun menjadi bagian yang paling mencolok dari masjid ini. Perjalanan Anda tidaklah lengkap bila belum mengelilingi masjid yang bisa menampung sekitar 5.000 jamaah.

7. Masjid Faisal, Pakistan

Berada di Islamabad, Pakistan, Masjid Faisal menjadi yang terbesar di Asia Selatan. Masjid yang memiliki luas sekitar 5.000 meter persegi ini juga memiliki arsitektur yang mengagumkan.

Berbeda denn kebanyakan masjid di Asia, Masjid Faisal tidak memiliki kubah atau lengkungan. Inspirasi ini berasal dari bentuk tenda Badui Arab. Untuk ruang salat terbentuk dalam satu segitiga besar dan menara seperti pensil yang dipengaruhi dari desain ala Turki. Masjid Faisal merupakan salah satu contoh terbaik dari arsitektur Islam kontemporer.

Panorama Margala Hills dan kaki bagian barat Gunung Himalaya pun sebagai latar belakang, menyempurnakan keindahan Masjid Faisal.

8. Masjid Istiqlal, Jakarta, Indonesia

Indonesia sebagai negara yang memiliki mayoritas penduduk beragama Islam terbesar di dunia, sangat pantas jika mempunyai masjid yang megah dan mengagumkan.

Masjid Istiqlal yang berada di Jakarta Pusat, menjadi salah satu masjid terbesar di dunia dengan luas sekitar 95.000 meter persegi. Setiap harinya, masjid ini bisa menampung sekitar 200.000 jamaah.

Jangan salah, keindahan Masjid Istiqlal ini merupakan karya dari seorang arsitek beragama Kristen bernama Frederich Silaban. Uniknya lagi, Masjid Istiqlal ini dibangun tepat dihadapan Gereja Katedral. Hal ini pun diharapkan bisa menjadi gambaran untuk kerukunan umat beragama.

Seandainya Anda mendapatkan rezeki lebih, jangan pernah lewatkan untuk merasakan kenyamanan beribadah di 8 masjid yang memiliki luas serta arsitektur paling memukau di dunia ini.