Banyak hal yang dapat merusak konsentrasi kerja. Salah satunya kurang waktu tidur. Lalu bagaimana mengatasi masalah menurunnya konsentrasi? Dilansir dari Business Tag, ini beberapa cara untuk meningkatkan konsentrasi kerja.

1. Tidur Lebih Awal
Banyak orang yang menunda tidur hingga ia merasa sangat kelelahan. Lelah yang berlebihan adalah musuh utama konsentrasi. Jika tidur terlalu larut, maka keadaan psikis dan fisik seseorang menurun. Untuk itu, tidurlah lebih awal dan rasakan efeknya di pagi hari. Tubuh akan lebih bugar, mood pun dapat terjaga seharian.

2. Menyiapkan Keperluan Kantor Sebelum Memulai Kerja
Ketika tiba di kantor, siapkan minuman, kertas, pulpen, data-data atau barang lainnya yang butuhkan ketika bekerja. Dengan begini, konsentrasi Anda tidak akan terpecah karena dapat dengan mudah menjangkau barang-barang yang dibutuhkan di sela-sela kerja.

3. Hindari Browsing Jika Tidak Penting
Hal lain yang dapat membuat konsentrasi terpecah adalah ketika Anda membuka situs-situs seperti Facebook, Twitter atau online shop. Tahanlah diri Anda untuk tidak membuka situs tersebut sampai pekerjaan selesai.

4. Cek E-mail Lebih Sering
Mengecek e-mail tiga hingga empat kali sehari dapat mempersingkat waktu kerja Anda. Apalagi, ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan sistem push e-mail yang memiliki notifikasi yang dapat dibuka dan dibalas segera. Cek-lah email sebelum makan siang, sebelum meninggalkan kantor dan satu jam sebelum tidur.

5. Menetapkan Waktu Fokus
Biasanya waktu orang bisa sangat fokus saat melakukan pekerjaan adalah 40 menit. Pasang alarm atau stopwatch selama 40 menit, dan dalam rentang waktu itu, mulailah bekerja dengan serius. Setelah 40 menit, Anda bisa rileks sekitar lima hingga 10 menit. Kemudian fokuskan diri kembali selama 40 menit, begitu seterusnya.

6. Hindari Melakukan Pekerjaan Secara Bersamaan
Penelitian menunjukkan, melakukan pekerjaan sekaligus (multitasking) akan memakan waktu lebih lama dibanding mengerjakannya satu per satu. Hal ini karena fokus dan perhatian terbagi. Meskipun ada beberapa orang mampu melakukannya dengan baik, tapi tidak selamanya multitasking dapat berjalan mulus. Sebaiknya, selesaikan tugas satu demi satu dengan membuat daftar pekerjaan, mulai dari yang penting sampai tidak terlalu penting.