Jika kita melakukan implementasi mail server, adakalanya kita bertemu pada situasi dimana perusahaan memiliki lebih dari satu domain namun operasional dan administrasinya dikerjakan oleh staff yang sama.

Misalnya Excellent Infotama Kreasindo memiliki domain vavai.com, vavai.co.id dan vavai.net. Jika ada seseorang mengirim email ke vavai@vavai.co.id atau vavai@vavai.net, itu sama halnya dengan mengirimkan email ke vavai@vavai.com.

Jadi, vavai.co.id dan vavai.net akan menjadi alias domain atau canonical domain dari vavai.com.

Kita bisa saja melakukan setting forward secara manual pada account tertentu namun hal ini tidak efisien. Jauh lebih mudah jika langsung saja membuat domain lain sebagai alias dari domain tertentu. Pada sistem Zimbra Mail Server, hal ini bisa dengan mudah dilakukan dengan hanya 1 baris perintah sebagai berikut :
view sourceprint?
1.su – zimbra
2.zmprov createAliasDomain vavai.co.id vavai.com zimbraMailCatchAllForwardingAddress @vavai.com

Jika perintah diatas dilakukan, secara otomatis email yang ditujukan ke alamat email di vavai.co.id akan dideliver ke mailbox vavai.com.

Hal yang sama saya terapkan pada salah satu perusahaan media besar yang melakukan migrasi sistem dari domain dan sub domain menjadi 1 address, yaitu awalnya account@perusahaan.co.id dan account@mail.perusahaan.co.id menjadi hanya satu yaitu account@perusahaan.co.id.

Fungsi canonical domain ini menjadi sangat membantu jika perusahaan melakukan migrasi dari domain tertentu menjadi domain lain tanpa harus meminta pengirim email mengubah alamat email tujuannya.