Si kecil ngambek, rewel,menolak semua makanan yang Anda berikan. Tak usah terlalu khawatir. Si kecil memang sedang tahap eksplorasi. Agar ia tak kekurangan asupan nutrisi penting yang diperlukan, cobalah beberapa trik ini.

Seperti orang dewasa, ada kalanya si kecil jenuh dengan makanan yang Anda sajikan. Apalagi jika tampilan dan rasanya itu-itu saja. Kerewelan si kecil usia 5-9 tahun kadang membuat repot. Selain memilih makanan tertentu tiap kali makan, kadang ia menolak makan sama sekali.

Bagaimanapun juga si kecil tetap harus mendapatkan asupan nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya. Jika dibiarkan berlarut, berat badannya akan menyusut atau tidak bertambah sesuai usianya dan tumbuh kembangnya mengalami keterlambatan.

1.Makanan favoritJika anak punya makanan favorit, berikan dalam jumlah terbatas. Misalnya, ayam goreng, mi atau roti. Tujuannya supaya Anda punya kesempatan untuk memperkenalkan makanan baru padanya.

2.Makanan baruPerkenalkan makanan baru dalam jumlah kecil, tambahkan jika si kecil suka. Beri kesempatan si kecil mencicipi makanan baru dan usahakan dalam suasana yang santai, misalnya sambil bermain. Jangan marah atau memaksa jika ternyata ia tak menyukainya.

3.Tampilan menarikCobalah sajikan makanan dengan tampilan sesuai dengan imajinasinya meskipun sedikit repot. Misalnya, berbentuk tokoh kartun atau benda yang disukainya. Warna dan tampilan makanan merupakan daya tarik utama anak-anak untuk makan.

4.Variasi MakananJangan memberikan makanan yang sama terus-menerus karena si kecil akan bosan dan menolak makan. Variasikan bahan makanan dan cara penyajian. Rasa makanan yang bervariasi membuat si kecil tertarik untuk mencicipi makanan.

5.Selundupkan bahan makananJika tak suka sayuran, susu atau daging cobalah olah dengan mencampurkannya ke dalam bahan makanan yang disukai. Misalnya, jika ia tak suka sayur, campurkan dalam adonan burger. Jika menolak susu bisa diolah menjadi puding. Dengan cara ini ia tak akan mengenali bentuk asli bahan makanan tersebut.

6.Suasana menyenangkanSuasana makan adalah suasana santai dan menyenangkan. Ajak dia ngobrol, atau undang beberapa temannya untuk makan bersama. Suasana ceria akan membuat si kecil bersemangat menyantap makanan.

7.Jangan memaksaJangan pernah memaksa si kecil untuk makan makanan tertentu. Sikap keras dan marah akan membuat si kecil tak nyaman dan akan kembali menolak makanan bahkan bisa menjadi trauma baginya.