MX record domain Anda bisa diubah. Anda harus login cPanel dan klik pada MX Entry.

Opsi 1: Ubah MX Record agar mengarah ke nama host server Anda

Jika nama domain Anda mengarah ke tempat lain, tetapi Anda ingin memiliki email yang dikelola oleh penyedia webhosting Anda (misalnya sejuta.net), Anda dapat mengarahkan MX record untuk host Anda. Anda harus mengubah MX record domain Anda agar mengarah ke nama host server Anda. Misalnya, jika account Anda di-host di sejuta.net, maka Anda harus mengubah MX record menjadi: sejuta.net. Jika Anda berniat menggunakan Google Apps, maka MX record harus diubah sesuai ketentuan Google. Jangan lupa untuk menempatkan sebuah titik di akhir, jika tidak maka surat tidak akan dikirim dengan benar.

Opsi 2: Membuat subdomain dan mengarahkan MX Record untuk subdomain ini

Anda dapat membuat subdomain mail.yourdomain.com dan mengarahkan A record ke IP dari server hosting akun Anda. Kemudian Anda harus mengubah record MX untuk menunjuk ke subdomain baru: mail.yourdomain.com. Jika Anda tidak tahu bagaimana mengedit pengaturan DNS, silahkan hubungi registrar/host Anda dan meminta bantuan lebih lanjut. Setelah Anda telah mengarahkan MX record Anda ke lokasi baru, silakan tunggu hingga 48 jam agar perubahan DNS dipastikan.

Opsi 3: Arahkan MX record untuk Mail Exchange eksternal

Jika Anda perlu menggunakan layanan e-mail perusahaan lain, Anda harus mengarahkan MX record ke server e-mail mereka. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan melalui cPanel -> Mail -> MX Entry.