Jamur Ajaib Ini Bisa Obati Depresi
Jamur alias cendawan terkenal karena kandungan mineralnya. Jenis jamur yang bisa dimakan misalnya jamur kancing, jamur kuping dan jamur merang, Ada jamur psilocybin yang selain enak dimakan juga bisa mengobati depresi.

Jamur Psilocybin dikenal sebagai jamur ajaib, bertangkai panjang dan ramping, payung jamurnya mungil kecokelatan. Sejak ribuan tahun lalu sekitar abad ke 16, jamur ini telah dikonsumsi saat upacara spiritual di Spanyol. Tak hanya di Spanyol, saat upacara adat di Meksiko juga disajikan jamur ajaib ini.

Manfaat dari jamur ajaib sama seperti obat Lysergic Acid Diethyliamide. Jika jamur ini dimakan, akan membuat Anda berfikir secara relistis dan efeknya akan terasa setelah 20 menit hingga satu jam setelah memakannya. Jika pertama kali makan jamur ini mungkin akan merasa kesemutan di beberapa daerah tubuh.

Penelitian yang diterbitkan tahun lalu menemukan bahwa, orang yang mengalami kecemasan atau depresi dapat diobati dengan makan jamur psilocybin. Penelitian yang dilakukan oleh David Nutt, dengan Departemen Kedokteran di Imperial College London, dilakukan dua kali untuk membuktikan pengaruh jamur ajaib ini terhadap otak kecil.

Pada penelitian pertama yang melibatkan 30 orang sehat yang diberikan jamur psilocybin ke dalam darah dengan melakukan scan Magnetic Resonance Imaging (MRI), untuk mengukur perubahan aktivitas pada otak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur ajaib ini menyebabkan penurunan aktivitas pada otak.

Penelitian kedua melibatkan 10 orang sehat, diberi makan jamur psilocybin, dan menemukan bahwa jamur psilocybin, membantu mereka mengingat kenangan pribadi dan emosional mereka selama 2 minggu. Para peneliti juga mengatakan jamur ajaib ini mungkin berguna untuk psikoterapi. Hasilnya juga dipublikasikan secara online di British Journal of Psychiatry.

‘Jamur psilocybin digunakan secara luas dalam psikoterapi pada tahun 1950-an, namun karena alasan biologis untuk penggunaan yang belum diselidiki sampai sekarang. Temuan kami mendukung gagasan bahwa jamur ajaib ini dapat mengembaliakn kenangan pribadi dan emosi,’ ujar Dr Robin Carhart-Harris, dari Departemen Kedokteran di Imperial College London.

Para penulis juga menegaskan kedua penelitian yang telah dilakukan hanya menggunakan sedikit responden dan penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengetahui dengan pasti manfaat jamur psilocibin untuk otak.