http://foto.detik.com

Pasar di atas air atau biasa disebut Pasar Terapung sudah menjadi ikon bagi Provinsi Kalimantan Selatan. Untuk lebih memperkenalkan Pasar Terapung ke wisatawan lokal maupun internasional Sungai Martapura.

Berbagai acara diadakan di festival budaya ini, seperti pasar terapung buatan yang akan diadakan di tengah Kota Banjarmasin. Tapi tunggu dulu, jangan bingung dengan istilah ini. Anda akan melihat puluhan bahkan ratusan pedagang Pasar Terapung ada di Sungai Martapura

Pasar terapung yang biasanya hanya dilihat di muara sungai. Anda pun akan merasakan sensasi jual beli di atas sungai khas pasar terapung.
Bagi Anda yang belum pernah mencicipi kuliner khas Banjar ini menjadi ajang yang tepat untuk mencicipinya. Ada soto Banjar, ketupat Kandangan, aneka ikan panggang, nasi kuning dan lontong, serta puluhan jenis kue khas Banjar. Yang paling asyik adalah Anda bisa menyantapnya langsung di atas perahu maupun di muara sambil menikmati suasana sungai Pasar Terapung.

Anda juga bisa datang ke kampung Banjar dan pagelaran seni budaya. Kampung Banjar adalah area pameran di Festival Budaya Pasar Terapung dari setiap kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Selatan. Di sini pengunjung dapat melihat produk unggulan dari kabupaten/kota tersebut.

para pengunjung dapat menyaksikan atraksi dan gelar seni budaya dari 11 kabupaten kota di Kalimantan Selatan. Baik yang ditampilkan di atas panggung maupun yang diadakan di lapangan. Contoh atraksi yang ditampilkan antara lain balogo, madihin, sinoman haderah, dan tarian tradisional.

Tak hanya itu, pasar terapung juga mengadakan bermacam lomba, seperti lomba dayung. Di Lomba Dayung, Anda bisa melihat lomba dayung tradisional yang mengandalkan kecepatan dari para peserta lomba. Cukup menarik karena peserta akan berusaha sekuat tenaga untuk menjadi juara dan sorak sorai penonton akan menambah ramai suasana.

Lomba lain yang juga diadakan adalah lomba jukung (perahu) hias dan tanglong. Lomba ini adalah acara utama yang ditunggu-tunggu masyarakat Banjar. Peserta yang ikut dalam lomba jukung harus menghias jukungnya seindah mungkin dengan berbagai ornamen dan bentuk yang menarik seperti kepala naga, replika rumah Banjar, dan lain-lain yang dipadukan dengan lampu-lampu hias warna-warni. Biasanya saat lomba jukung, warga Banjarmasin akan tumpah ruah dan memadati tepian sungai Martapura untuk menyaksikan pemandangan yang indah dan menarik ini.

Penasaran seperti apa suasana aslinya? Ayo segera pastikan diri Anda mengunjungi Pasar Terapung ini.