img Putus cinta memang bukan hal yang menyenangkan. Selain harus mengendalikan perasaan sedih, Anda pun harus menghadapi pertanyaan orang-orang yang menanyakan hubungan asmara yang telah kandas itu.


Apalagi di era social media seperti saat ini, semakin banyak orang yang akan tahu jika hubungan Anda dan si dia telah berakhir. Lewat bergantinya status di Facebook (FB) dari In Relationship menjadi single, seolah seluruh dunia melihat Anda kini menjadi jomblo.

Tentu pertanyaan yang paling mendasar adalah, kapan status ‘in relationship’ itu diganti menjadi ‘single’? Ini dia jawabannya dan beberapa aturan lainnya ketika putus cinta di FB, seperti dilansir Your Tango.

1. Saat Pacaran, Jangan Langsung Mengubah Status
Ini pelajaran untuk semua pasangan, di awal pacaran memang terasa indah, namun bukan berarti setelah jadian Anda langsung mengubah status di FB. Setidaknya tunggu hingga tiga bulan setelah Anda resmi pacaran. Hanya untuk berjaga-jaga, jika di awal hubungan Anda sudah merasa tidak cocok, maka Anda tidak perlu repot mengganti status percintaan Anda di FB. Namun, mungkin Anda merasa tidak aman jika status di FB si dia tidak berganti menjadi in relationship. Solusinya, Anda dan si dia bisa memasang foto bersama sebagai profile picture dan mengirim pesan di wall yang menyiratkan Anda dan dia telah pacaran.

2. Kapan Mengganti Status FB Setelah Putus?
Setelah hubungan asmara berakhir, jangan mengganti status single di FB terlalu cepat. Tunggu setidaknya selama sebulan. Bukan tidak mungkin, setelah putus Anda dan pasangan kembali bersama lagi. Anda bisa dianggap labil jika mengganti status single, lalu seminggu setelahnya Anda kembali mengganti status in relationship dengan pria yang sama.

3. Jangan Putus Lewat Wall
Jangan putuskan kekasih lewat wall di FB. Selain dianggap tidak etis, Anda bisa dicap kekanakan oleh banyak orang. Simpan semua kekesalan dan kemarahan Anda di dunia nyata, jangan menumpahkan semua di dunia maya.

4. Jangan Mengubah Status Menjadi ‘It’s Complicated’
Ketika sedang bertengkar hebat atau baru saja putus, tidak disarankan mengganti status menjadi ‘it’s complicated’. Selain membuat teman di FB Anda bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi dengan Anda dan si dia, status ‘it’s complicated’ juga bisa membuat si dia marah dan kecewa. Siapa tahu, dia sedang mencoba memperbaiki hubungan dengan Anda, namun dengan perubahan status tersebut mengurungkan niatnya.

5. Friend atau Unfriend?
Tidak ada salahnya si mantan masih tetap menjadi ‘friend’ Anda di FB. Setelah putus tentu naluri untuk mengintai masih sangat besar. Keuntungan masih bisa melihat si mantan di FB adalah Anda tahu perkembangannya. Namun, jika Anda merasa sangat sakit hati, Anda bisa menghapus si dia dari daftar pertemanan. Jangan khawatir disebut norak atau kekanak-kanakan. Kalau cara itu bisa membuat Anda lebih tenang dan bisa cepat move on, jangan pedulikan anggapan orang lain. Jadi kembali lagi kepada Anda, masih ingin menjadi temannya di FB atau ingin membuangnya dari list pertemanan?