Facebook for Android (ist)
 Para bandit cyber menemukan cara baru menyebarkan progam jahat untuk Android. Setelah dihadang Google Bouncer, sejumlah malware kini beredar melalui Facebook.

Untuk mengantisipasi serangan malware yang membludak di perangkat Android, Google memang telah membangun aplikasi baru yang disebut Bouncer. Aplikasi ini berfungsi untuk menyaring konten apa saja yang ada di Android Market.

Seakan tak kehilangan akal, para penjahat cyber pun mencoba lebih kreatif dengan menyebarkan malware dengan cari lain, salah satunya melalui Facebook. Seperti dikutip detikINET dari slashgear, Sabtu (25/2/2012).

Malware tersebut menyebar dalam berbagai nama misalnya saja any_name.apk atau atau allnew.apk, dan media penyebarannya dilakukan melalui aplikasi Facebook untuk Android.

Modusnya sejauh ini diketahui adalah dengan menambahkan calon korban sebagai teman dengan berbagai nama samaran. Korban yang merasa penasaran pun akan digiring untuk melihat profil sang pelaku.

Namun bukannya halaman profil yang ditemukan, link tersebut justru merujuk ke sebuah situs berisikan aplikasi jahat yang sudah menanti untuk diunduh.

Nah di sini pengguna dituntut untuk lebih jeli. Android tidak memperbolehkan penggunanya untuk mengunduh aplikasi dari situs tak jelas tanpa izin, jadi seharusnya serang semacam ini bisa dengan mudah dihindari.

Menurut penyedia jasa keamanan Sophos, jika sudah terpasang maka aplikasi tersebut akan secara otomatis membuat pengguna berlangganan sms premium atau aksi merugikan lainnya.

Agar lebih aman pengguna Android disarankan untuk membuat pengaturan yang hanya mengizinkan instalasi aplikasi melalui Android Market.