img


Ingin meningkatkan karir Anda di tempat kerja? Maka jadilah karyawan yang bisa diandalkan. Bukan berarti Anda harus mengerjakan tugas-tugas teman kantor yang bukan menjadi tanggung jawab. Tapi selesaikan tugas semaksimal mungkin dan bersedia memberikan bantuan ketika sangat diperlukan.

Menjadi karyawan dan rekan kerja yang bisa diandalkan di kantor dapat membuat Anda lebih dipandang oleh atasan. Selain bos, Anda juga akan disukai oleh rekan kerja. Simak beberapa tipsnya berikut ini, seperti dikutip dari idiva.

1. Tulus
Menjadi orang yang tulus merupakan salah satu kunci untuk membina suatu hubungan yang baik dengan bos dan juga rekan kerja di kantor. Orang yang tulus akan selalu jujur, bertindak dan berperilaku secara transparan tanpa dibuat-buat. Dengan begitu biarkan rekan kerja Anda dan atasan mengetahui siapa diri Anda sebenarnya.

2. Membantu Kolega dari Situasi Sulit
Ketika rekan kerja mengalami kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya, alangkah baiknya di sela-sela waktu yang Anda miliki dipergunakan untuk membantu rekan kerja. Memberi mereka semangat juga bisa dilakukan. Hal ini dapat membuatnya merasa lebih baik.

3. Perlakukan Rekan Kerja dengan Baik
Cara terbaik dan tercepat untuk menyelesaikan sesuatu di kantor adalah memiliki hubungan dengan rekan kerja dan atasan dengan baik. Biarkan rekan kerja tahu bahwa Anda membutuhkan mereka seperti halnya mereka membutuhkan Anda. Namun apabila mereka tidak membutuhkan Anda, tetaplah memperlakukan mereka dengan baik dan tetap keep in touch.

4. Memenuhi Tenggat Waktu
Karyawan yang bisa diandalkan dapat menyelesaikan tugas kantor tepat waktu, meskipun pekerjaan tersebut banyak dan menumpuk. Namun jika sejak awal sudah mengetahui bahwa Anda tidak dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai waktu yang telah ditentukan, sebaiknya berkata dengan tulus dan jujur kepada bos untuk memberitahukan hal itu. Dengan begitu, atasan dapat lebih menghargai kejujuran Anda sehingga batas waktu yang ditentukan bisa diperpanjang.

5. Siap Memiliki Tanggung Jawab Lebih
Menjadi karyawan yang bisa diandalkan harus selalu on time saat ke kantor dan menawarkan bantuan kepada atasan tanpa diminta. Hal seperti ini dapat membantu Anda lebih dipandang oleh bos dan rekan kerja.