Meski rumah tangga Anda baik-baik saja, selalu ada cara untuk mempererat hubungan agar pernikahan makin mesra dan bertahan lama.

Mengatasi masalah-masalah lama yang belum selesai
Pertengkaran, cemburu dan masalah-masalah kecil lainnya dapat membuat hubungan asmara menjadi rumit. Jika Anda terus memperdebatkan masalah yang sama, atau bertengkar karena masalah-masalah lama, mungkin itu karena masalah tersebut sebetulnya belum terselesaikan.

Lain kali, jika hal itu terjadi, cobalah tetap tenang dan berusaha mencari tahu mengapa Anda mempermasalahkannya. Cobalah untuk melihat masalah-masalah tersebut dan berusahalah membangun kepercayaan serta keharmonisan.

Anda harus membicarakan perasaan Anda, untuk kemudian mencari solusi bersama, sekalipun membutuhkan waktu lama untuk mengatasi masalah itu. Jika Anda merasa tidak dapat memaafkan seseorang, mungkin lebih baik Anda pergi menjauh untuk sementara.

Menghabiskan waktu bersama yang berkualitas
Antara bekerja, menjaga tubuh tetap sehat, dan kesibukan rumah tangga, mungkin Anda akan sulit menemukan waktu yang tepat untuk dihabiskan bersama pasangan. Di Inggris, kebanyakan pasangan yang sudah memiliki anak hanya memiliki waktu rata-rata 2,5 jam sehari dengan pasangan mereka.

Ironisnya, hampir 1,5 jam waktu bersama itu dihabiskan untuk menonton TV atau sibuk dengan gadget masing-masing. Mungkin Anda harus mulai melakukan perubahan. Pertama, tinggalkan TV dan ajaklah pasangan Anda berkencan, anggap saja itu kencan pertama. Pilih lokasi yang memungkinkan bagi Anda berdua untuk berbicara satu sama lain. Selama berkencan, matikan ponsel masing-masing.

Berbagilah pengalaman baru, yang akan membantu menyegarkan kembali kehidupan asmara Anda, sehingga Anda dan pasangan akan menjadi lebih dekat. Ingat, kencan itu hanya untuk bersenang-senang, jadi nikmati saja.

Melihat dari sudut pandang dia
Laki-laki dan wanita memiliki kebiasaan, idealisme, dan kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kita sering merasa kesulitan berhubungan satu sama lain. Kunci dalam menjalin suatu hubungan adalah rasa saling pengertian. Kita tidak selalu memiliki sikap dan perspektif yang sama.

Jadi, suatu saat suami Anda akan mengatakan bahwa Anda berlebihan, atau istri Anda mengatakan bahwa Anda cuek dan tidak mendengarkan. Daripada marah-marah, lebih baik jika Anda menanyakan mengapa mereka berpikiran begitu, lalu coba jelaskan dengan baik-baik.

Intinya, cobalah pahami sudut pandang dari masing-masing pihak dan mengerti mengapa pasangan Anda bersikap seperti itu, mungkin akan membantu Anda mengatasi banyak masalah dan mengakhiri pertengkaran

Perkuat hubungan dengan lebih sering melakukan seks
Semakin banyak kita melakukannya, semakin sering kita menginginkannya. Mungkin cara ini adalah yang terbaik, dan lakukanlah beberapa kali dalam sepekan. Hubungan seks juga dapat membawa manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena, ketika kita berhubungan seks, oksitosin dilepaskan, yang membantu membentuk ikatan yang kuat antara pria dan wanita saat sedang berada di ranjang.

Seks juga membantu membangun kepercayaan yang membuat kita mengerti satu sama lain. Pastikan bahwa Anda dan pasangan Anda memprioritaskannya. Berusahalah mencari waktu yang tepat bagi. Jika terlalu lelah untuk berhubungan seks sebelum tidur, cobalah untuk melakukannya di pagi hari atau sesaat setelah tiba di rumah.

Perkuat hubungan dengan menghabiskan waktu terpisah
Oke, ini mungkin cukup berisiko. Tapi suatu hubungan butuh keseimbangan. Jadi, tidak baik juga jika Anda terus-terusan menghabiskan waktu bersama pasangan. Cobalah untuk tertarik dengan hal-hal lain, bersosialisasi, dan melanjutkan hobi.

Ini akan membantu Anda tetap seimbang, dan sehat, dan itu akan bermanfaat bagi hubungan Anda. Trik untuk menghabiskan waktu secara terpisah adalah, membuat kesepakatan dengan pasangan tentang seberapa banyak waktu yang Anda butuhkan untuk bersama.

Lakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia, Mungkin berlibur bersama teman-teman, melakukan kegiatan amal, atau melakukan latihan untuk suatu acara, seperti lari marathon 10 km. Pilihlah sesuatu yang dapat membantu Anda mengembangkan kepribadian, karena itu akan membuat kita merasa lebih mandiri dan lebih menarik.