Puasa sambil traveling, tetap seru untuk dilakukan. Namun terkadang, mencari makan sahur di lokasi destinasi, susah-susah gampang. Berikut 5 tips makan sahur saat traveling.

Untuk mereka yang sedang berpergian atau musafir, ada keringanan untuk tidak berpuasa. Namun, tubuh pun akan selalu sehat dan kuat berpuasa meski traveling, selama asupan makanan dan minuman tetap terjaga. Inilah 5 tips sahur saat traveling yang disusun, Selasa (24/7/2012):

1. Jangan sampai telat bangun sahur

Melewatkan sahur adalah cara paling buruk melalui liburan saat sedang puasa. Usahakan selalu menyempatkan waktu untuk makan sahur. Pasang alarm ponsel atau jam agar tidak kebablasan tidur.

Buat beberapa alarm untuk jaga-jaga Anda tak bisa bangun dengan satu kali alarm. Taruh alarm di tempat yang cukup jauh dari tempat tidur sehingga Anda harus bangun dari tempat tidur saat ingin mematikan alarm. Pilih lagu yang berisik atau ramai agar Anda bisa bangun.

2. Pastikan ada restoran 24 jam

Agar tidak kewalahan saat ingin mencari makanan sahur, Anda bisa memastikan apakah ada restoran atau warung yang buka 24 jam. Jangan sampai Anda kehabisan waktu sahur dengan mencari makan dan malah melewatkan waktu sahur tanpa memakan apapun.

Selain itu, pastikan juga restoran tersebut takkan penuh saat waktu sahur tiba. Anda tentu tak ingin mengantre lama-lama demi mendapat makanan. Semalam sebelumnya, tanyakan terlebih dahulu apakah restoran tersebut buka 24 jam.

3. Beli makanan sebelum sahur

Jika malas keluar kamar saat sahur, pesan makanan dari malam sebelumnya. Namun pastikan makanan yang Anda pesan takkan basi hingga sahur tiba. Pilih makanan yang kering dan kalaupun Anda ingin makanan berkuah, pisahkan sayur dengan lauk dan nasi.

Anda juga bisa memesan makanan dari hotel. Tapi berilah jeda waktu untuk datangnya makanan. Jangan sampai makanan sampai kamar namun waktu sahur sudah terlanjur habis.

4. Minum air putih yang cukup

Agar Anda tak kehabisan cairan dalam tubuh, penuhi kebutuhan air tubuh saat sahur. Minum banyak air secara langsung akan membuat Anda kembung. Maka minumlah air putih sesaat Anda bangun tidur. Meski masih setengah sadar, minum air putih bisa memenuhi asupan cairan tubuh Anda.

Jangan lupa untuk minum air putih di sela-sela makan dan setelah makan. Hindari minuman berwarna, yang memiliki kadar gula terlalu tinggi dan minuman bersoda. Minuman jenis tersebut bisa membuat Anda mudah haus.

5. Sahurlah dengan menu sehat

Menu yang sehat saat sahur menentukan liburan Anda. Maka pilihlah makanan yang banyak serat agar bisa lebih lama dicerna. Hindari makanan yang terlalu banyak minyak dan pedas. Makanan seperti itu bisa membuat perut tidak enak dan membuat Anda cepat haus.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan vitamin saat sahur. Buah sangat membantu kelancaran puasa Anda. Namun hindari buah yang terlalu asam karena bisa mengganggu pencernaan. Pilihlah buah yang memiliki banyak serat atau yang mengandung banyak air seperti semangka, apel, melon dan pir.

Dengan kiat makan sahur yang tepat, kita tetap bisa traveling dengan kondisi tubuh yang terjaga. Ibadah puasa didapat, jalan-jalan seru pun sudah pasti kita rasakan.