Ketika mengurangi waktu makan dari 3 kali menjadi 2 kali selama bulan Ramadan, idealnya berat badan orang puasa akan turun. Namun kenyataannya, tak semua orang berpuasa akan mengalami penurunan berat badan. Anda termasuk yang mana?

“Mestinya berat badan turun, karena yang tadinya makan 3 kali menjadi 2 kali saat bulan puasa. Kalau dihitung konsumsi kalori akan turun sekitar 20 persen. Nah, karena konsumsi kalorinya berkurang maka idealnya berat badan turun 5 persen,” jelas Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, FKUI-RSCM, Selasa (24/7/2012).

Saat jumlah makanan yang masuk berkurang, maka tubuh akan menghancurkan cadangan lemak untuk diproduksi menjadi tenaga. Ini dapat menyebabkan timbunan lemak di tubuh menjadi berkurang dan akhirnya menurunkan angka di timbangan.

Jadi setelah 1 bulan berpuasa, idealnya orang yang memiliki berat badan 50 kg bisa turun 2-2,5 kg dan orang dengan berat badan 70 kg turun sekitar 3-3,5 kg.

Namun sepertinya tak semua orang bisa mendapatkan hikmah puasa, karena nyatanya masih saja ada yang mengalami kenaikan berat badan mesti sudah sebulan berpuasa.

“Menurut penelitian, 50-60 persen orang puasa berat badannya akan turun, 30-40 berat badannya tetap, sedangkan 5-10 persen malah naik,” lanjut Dr Ari.

Menurut Dr Ari, puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus selama 14 jam. Puasa memiliki banyak hikmah, baik secara sosial dan kesehatan, serta merupakan latihan yang baik untuk fisik, mental dan rohani.

“Yang berat badannya malah naik ya nggak dapat hikmahnya. Bisa terjadi karena makannya berlebihan setelah buka puasa, banyak makan manis dan ada budaya balas dendam saat berbuka,” tegas Dr Ari.

Selain menurunkan badan berat, cadangan lemak di tubuh juga digunakan untuk energi selama berpuasa. Ini akan melepaskan bahan-bahan kimia yang disimpan dari asam lemak ke dalam sistem dan kemudian dieliminasi melalui organ-organ usus, hati, ginjal, paru-paru, kelenjar getah bening dan kulit. Kondisi ini sama seperti proses detoksifikasi selama puasa.