Bayi yang berinteraksi secara positif dengan ayah mereka pada usia tiga bulan memiliki lebih sedikit masalah perilaku ketika berusia satu tahun, demikian hasil sebuah penelitian.

Masalah perilaku adalah salah satu masalah psikologis yang paling umum terjadi pada anak-anak, dan sering dikaitkan dengan masalah psikologis dan kesehatan saat menginjak dewasa, ujar para peneliti Oxford University.

Dan meskipun “faktor orangtua” dihubungkan dengan masalah perilaku anak, penelitian semacam ini biasanya hanya berfokus pada peran ibu. Namun sebenarnya ayah juga memainkan peranan penting, ujar mereka.

Untuk penelitian ini, para peneliti merekrut 192 keluarga di Inggris dan mendokumentasikan bagaimana ibu dan ayah, secara terpisah, bermain dengan anak mereka pada usia tiga bulan. Ketika anak berusia 12 bulan, orangtua mengisi kuisioner yang dirancang untuk menilai perilaku anak.

“Kami menemukan bahwa anak-anak yang ayahnya lebih banyak berinteraksi dengannya memiliki perilaku yang lebih baik, dengan lebih sedikit masalah perilaku yang timbul di kemudian hari,” ujar Dr. Paul Ramchandan, pemimpin penelitian tersebut.

Perilaku anak laki-laki juga tampak lebih terpengaruh daripada anak perempuan, ujarnya.

“Anak-anak cenderung memiliki lebih banyak masalah perilaku ketika ayah mereka jauh dan mereka sibuk dengan pikiran mereka sendiri atau ketika ayah mereka jarang berinteraksi dengan mereka.”

“Hubungan ini cenderung lebih kuat pada anak laki-laki daripada perempuan, menegaskan bahwa mungkin anak laki-laki lebih mudah terkena pengaruh ayah mereka sejak usia dini.”

Para ayah yang tidak berinteraksi dengan anak mereka mungkin adalah indikasi dari masalah yang lebih besar dalam keluarga secara keseluruhan, ujar peneliti. Jika mereka sedang mengalami masalah dalam hubungannya dengan pasangan, mereka akan kesulitan untuk berinteraksi dengan si bayi.

Dr. Ramchandani mengatakan, “Berfokus pada bulan-bulan pertama usia bayi itu penting karena itu merupakan periode yang sangat krusial dan bayi sangat mudah terpengaruh oleh lingkungan, seperti kualitas kepedulian orangtua dan interaksi.”

“Seperti yang diketahui oleh semua orangtua, membesarkan anak bukanlah tugas yang mudah. Penelitian kami membuktikan bahwa dengan berinteraksi sejak dini membuat orangtua dapat memberi dampak positif yang menentukan bagaimana bayi mereka bertumbuh nanti.”