Ditengah kepadatan gedung-gedung bertingkat, perumahan penduduk, serta sempitnya ruang terbuka hijau di Jakarta, ternyata masih ada sejumlah taman kota yang menarik untuk dikunjungi. Khususnya bagi warga Jakarta untuk sekadar melepaskan kepenatan dari hiruk pikuk dan polusi Ibukota. Menarik, karena masih ditumbuhi banyak pohon-pohon hijau yang rindang dan sejuk. Menjanjikan keasrian.

Apalagi di bulan Ramadan seperti ini, taman-taman kota ini menjadi alternatif wisata yang menjanjikan untuk keluarga sambil menunggu waktu berbuka puasa, alias ngabuburit.

Ada 6 taman kota di Jakarta yang asyik untuk ngabuburit, seperti yang dihimpun detikRamadan dari berbagai sumber, Rabu (1/8/2012).

1. Taman Menteng, Jakarta Pusat

Menikmati sore menjelang malam di Taman Menteng adalah kegiatan yang seru. Sambil menunggu waktu berbuka puasa, Anda bisa duduk santai sambil menikmati pemandangan hijau di Taman Menteng. Tenang saja, Anda tidak akan kesepian di sini, sebab biasanya ada banyak sekali orang yang melakukan kegiatan yang sama.

Jika ingin berolahraga, Taman Menteng adalah lokasi yang tepat. Di sini tersedia lapangan bola basket, lapangan futsal, dan trek untuk bersepeda atau berjalan kaki. Saat azan berkumandang, pastikan Anda sudah berburu kuliner di bagian belakang taman. Ada banyak pilihan makanan yang bisa Anda pilih dan nikmati di sini.

2. Situ Lembang, Jakarta Pusat

Sebagai pusat kota, Jakarta Pusat memiliki tidak hanya satu taman kota saja. Ada lagi Situ Lembang yang bisa dijadikan sebagai pilihan untuk ngabuburit. Ini adalah salah satu taman kota di kawasan elit, Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Lembang. Taman kota yang satu ini sangat teduh dan asri, membuat lelah yang ada di sisa hari menjelang berbuka pasti hilang.

Situ Lembang sangat dirawat keberadaannya. Anda bisa duduk santai menikmati sejuknya udara sore di banyak bangku yang tersedia. Jalan di jalur refleksi yang telah disediakan juga bisa membuat rileks otot setelah seharian bekerja. Pada saat bulan puasa seperti saat ini, ada banyak pilihan kuliner yang bisa Anda jadikan untuk menu berbuka puasa.

3. Taman Suropati, Jakarta Pusat

Taman kota yang berada di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat ini memang rutin dijadikan lokasi ngabuburit yang asyik. Taman Suropati adalah taman kota dengan pohon-pohon rindang dan suasana tenang di sekitarnya.

Biasanya banyak pengunjung taman yang merupakan komunitas-komunitas seni unjuk kebolehan di sini. Hal tersebut bisa Anda jadikan sebagai tontonan seru saat menunggu waktu berbuka puasa.

Sambil ngabuburit, Anda juga bisa menyehatkan tubuh. Di taman kota ini terdapat jogging track yang terbuat dari batu alam. Cocok untuk refleksi tubuh

4. Taman Kota Tomang, Jakarta Barat

Di kawasan Jakarta Barat, Anda juga bisa menemukan taman kota yang asyik untuk tempat ngabuburit. Tepatnya di Taman Kota Tomang, Grogol, Jakarta Barat. Taman ini memang terasa cukup asing di telinga, namun taman kota ini akan menawarkan suasana sejuk dan tenang.

Taman yang memiliki medan berundak yang diselimuti rumput hijau ini memiliki beberapa danau buatan yang tenang. Ada bangku dari semen yang bisa Anda jadikan tempat bersantai. Atau, jika ingin lebih dekat dengan alam, Anda bisa duduk di bawah pohon yang ada di tepi danau. Menikmati semilir angin yang menggoda pepohonan hijau sungguh membuat perasaan lebih rileks dan tentunya membuat lapar saat puasa tidak akan terasa.

5. Taman Langsat Barito, Jakarta Selatan

Tidak banyak warga Jakarta yang tahu jika di daerah Jakarta Selatan ternyata ada satu kawasan ruang terbuka hijau yang cukup menjanjikan kesegaran. Setidaknya nyaman untuk dikunjungi setiap akhir pekan. Taman Langsat, sesuai namanya berlokasi di Jalan Langsat ini sangat cocok sebagai tempat olahraga, karena tersedia jogging track sepanjang 750 meter dengan lebar 2 meter, serta menjadi tempat piknik seru di akhir pekan atau hari libur bersama keluarga.

Untuk mencapai ke taman ini, cukup berpatokan pada pasar burung Barito. Juga tidak jauh dari Mayestik dan Blok M. Dengan luas 3,6 hektar, taman Langsat sangat menyegarkan dikunjungi di pagi hari. Masih bisa terdengar suara burung dan kupu-kupu yang biasanya banyak di taman ini.

6. Taman Monas, Jakarta Pusat

Monas atau Monumen Nasional merupakan ikon kota Jakarta. Terletak di pusat kota Jakarta, menjadi tempat wisata dan pusat pendidikan yang menarik bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Monas didirikan pada tahun 1959 dan diresmikan dua tahun kemudian pada tahun 1961. Monas selalu ramai dikunjungi wisatawan untuk melihat keindahan kota Jakarta dari puncak Monas, menambah wawasan sejarah Indonesia di ruang diorama ataupun menikmati segarnya hutan kota seluas kira-kira 80 hektar di tengah kota Jakarta.

Untuk menghilangkan rasa jenuh, sebuah hutan kota mengeliligi area Monas, sering disebut Taman Monas. Taman yang sengaja dirancang dengan indah. Di taman ini, juga terdapat satu bagian untuk taman yang dikhususkan sebagai tempat Rusa.

Taman Monas juga dilengkapi dengan kolam air mancur menari. Pertunjukan air mancur menari ini sangat menarik untuk ditonton pada malam hari. Air mancur akan bergerak dengan liukan yang indah sesuai alunan lagu yang dimainkan. Selain itu ada juga pertunjukkan laser berwarna-warni pada air mancur ini.

Bagi Anda yang ingin menjaga kesehatan, selain berolahraga di Taman Monas, dapat juga melakukan pijat refleksi secara gratis, karena di taman ini disediakan batu-batuan yang cukup tajam dipijak sambil dipijat refleksi. Di taman ini juga disediakan beberapa lapangan futsal dan basket yang bisa digunakan siapapun.

Jika Anda lelah berjalan kaki di taman seluas 80 hektar ini, Anda dapat menggunakan kereta wisata. Taman ini bebas dikunjungi siapa saja dan terbuka secara gratis untuk umum.