Sebuah komputer tablet dengan sistem operasi Android terbaru, Jelly Bean, menarik perhatian. Sebab harganya terbilang sangat murah, USD 125 atau Rp 1 jutaan saja.


Adalah sebuah perusahaan asal India bernama Karbonn Mobiles yang merilis tablet Android 4.1 yang murah meriah tersebut. Seperti dikutip detikINET dari PCWorld, Kamis (1/8/2012), namanya adalah Smart Tab 1.

Ini adalah tablet PC kedua yang sudah memakai Android Jelly Bean. Yang pertama adalah Nexus 7 ciptaan Google bersama Asus yang belum lama ini dipasarkan. Nexus 7 sendiri juga termasuk tablet murah dengan banderol hanya USD 199.

Tablet Smart Tab 1 memiliki bentang layar 7 inch dan mengandalkan prosesor single core 1,2 GHz. Spesifikasi lain yang disebutkan meliputi kamera depan 2 megapixel, support 3G melalui dongle, slot microSD dan ketahanan baterai sekitar 7 jam untuk berselancar ke dunia maya.

“Kami ingin menjadi pemimpin pasar tablet di India dan berharap bisa menjual sekitar 200 ribuan unit tabet per bulannya,” tukas Pradeep Jain selaku Managing Director Karbon Mobiles. Tampaknya, Smart Tab 1 hanya akan dipasarkan di India saja.

Prosesor di tablet ini adalah buatan sebuah perusahaan bernama MIPS, Perusahaan tersebut memang fokus mengembangkan prosesor untuk tablet berharga murah.