Beli Mobil Bekas Jangan Asal Lihat Tampilan

Beli Mobil Bekas Jangan Asal Lihat Tampilan

Otosia.com – Mobil bekas menjelang hari libur Lebaran semakin banyak diburu. Namun jangan langsung tergiur dengan tampilan mobil bekas yang terlihat seperti baru. Karena berbagai usaha pun dilakukan para penjual mobil bekas untuk menarik perhatian calon pembeli.

Cara jitu untuk memberikan tampilan segar mobil bekas tentu dengan dibawa ke salon mobil. Dan tidak bisa dipungkiri usaha ini terbukti ampuh menarik pembeli lebih cepat. Tampilan mobil lawas terlihat seperti baru akan memiliki kesan terawat tentunya.

Bagi kendaraan usia kurang dari 5 tahun mungkin tidak terlalu banyak masalah. Tapi bagi Anda yang mencari mobil bekas untuk mudik dengan umur di bawah 10 tahun harus banyak pertimbangan. Jangan sampai terpesona dengan tampilan luarnya saja.

Selain umur, jarak pemakaian mencapai di atas 100.000km akan menimbulkan kendala pada sistem mekanisme mobil. Ada tiga hal penting yang perlu diperhatikan untuk membeli mobil bekas dengan umur dan jarak pemakaian besar.

Yang pertama adalah mengetahui kualitas sistem rem. Sebab bisa saja kanvas rem telah diganti, tapi cakram atau tromol sudah tidak baik. Gejala akan terasa saat kendaraan dicoba jalan dan saat pengereman akan terasa getaran pada pedal. Hal ini disebabkan permukaan cakram atau tromol tidak rata.

Selain itu kaliper rem juga bisa jadi sudah banyak timbul karat. Sehingga fungsi rem tidak bisa bekerja maksimal untuk menghentikan laju kendaraan. Jika hal ini dijumpai pada mobil bekas yang hendak dibeli, Anda harus siapkan dana untuk mengganti sistem rem ini.

Lalu untuk yang kedua adalah sistem transmisi. Mobil dengan jarak tempuh besar, kanvas kopling akan menjadi kendala. Pada mobil dengan transmisi manual hal ini akan terasa beratnya pedal kopling saat diinjak atau juga susahnya perpindahan gigi transmisi. Untuk otomatis akan terasa perpindahan gigi kasar serta terasa sedikit hentakan.

Jika hal ini terjadi tentu diperlukan biaya untuk mengganti kanvas kopling dan rumah kopling. Kemudian yang ketiga adalah untuk kenyamanan dari tingkat kebisingan. Hal ini akan mengarah pada saluran gas buang kendaraan yang biasa termakan umur sehingga berkarat.

Saluran gas buang yang berkarat akan bisa menimbulkan kebocoran, sehingga suara knalpot jadi tidak halus. Untuk perjalanan jauh hal ini akan mengurangi kenyamanan penumpang. Jadi untuk hal ini Anda akan perlu dana untuk pembuatan saluran gas buang baru.