Bulan suci sudah dekat. Di luar ritual ibadah yang biasa dijalankan setiap Muslim pada Ramadan nanti, masyarakat Indonesia memiliki tradisi kekotaan yang biasa muncul saat Ramadan sampai menjelang Idul Fitri. Uniknya, hampir semuanya berhubungan dengan belanja.Yang Biasa Hadir di Bulan Ramadan

Makanan bertema Ramadan dan Idul Fitri. Seperti cokelat buatan Dapur Cokelat ini, dihadirkan khusus pada bulan Ramadan sebagai salah satu strategi penjualan mereka.

Yang Biasa Hadir di Bulan RamadanBazar dadakan di komplek-komplek. Untuk menjangkau kelas menengah, diadakan bazar di beberapa komplek atau daerah tertentu dengan menyajikan barang-barang persiapan Idul Fitri.

“Rusuh” di pusat perbelanjaan. Ini pemandangan yang selalu hadir saat Ramadan. Menjelang Idul Fitri, pusat perbelanjaan dijamin penuh dengan orang yang membeli kebutuhan Lebaran dan liburan.
Yang Biasa Hadir di Bulan Ramadan
Desainer fashion merilis koleksi khusus. Inovasi dalam mode disajikan beberapa desainer setiap bulan suci
Yang Biasa Hadir di Bulan Ramadan
Permainan tradisional. Anak-anak ini memainkan meriam bambu yang masih menjadi salah satu permainan favorit di beberapa daerah. Berbagai jenis petasan juga merupakan salah satu permainan yang dipilih mereka sambil menunggu berbuka puasa.
Yang Biasa Hadir di Bulan Ramadan

Mudik. Siapa yang tak ingin kembali berkumpul di tengah keluarga di kampung halaman?