img

Bagaimana rencana liburan Anda bersama buah hati di libur Lebaran nanti? Kalau bingung menentukan destinasi, datang saja ke 4 kota berikut di Indonesia yang ramah untuk anak-anak. Pasti menyenangkan!


Menentukan destinasi untuk menghabiskan waktu liburan bersama sang buah hati terkadang sedikit sulit. Adanya kawasan bermain dan lingkungan yang sesuai untuk anak-anak kadang menjadi faktor penentunya.

Daripada bingung menentukan tempat liburan, tidak ada salahnya Anda mencoba datang ke 4 kota ramah anak di Indonesia berikut, yang disusun detikTravel, Jumat (10/9/2012):

1. Jakarta

Kota Metropolitan ini, selain terkenal karena kemacetannya, ternyata juga memiliki sisi lain yang cukup ramah dan cocok untuk dijadikan tempat liburan bersama anak. Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang cocok untuk anak-anak.

Sebut saja Taman Mini Indonesia Indah, Kidzania, Waterboom, dan Taman Impian Jaya Ancol. Semua tempat ini adalah arena bermain yang sengaja disediakan untuk anak-anak dan keluarganya. Tidak sekadar bermain, Anda juga bisa mengajarkan sang buah hati tentang sejarah melalui banyak museum yang tersebar di Jakarta, seperti Museum Nasional, Museum Kereta Api, dan masih banyak lagi.

2. Bogor

Tak jauh dari Jakarta, ada kota lain yang juga ramah dan cocok sebagai tujuan wisata bersama anak, yaitu Bogor di Jawa Barat. Kota yang juga dikenal sebagai Kota Hujan ini menyimpan banyak kawasan wisata yang memang sengaja dibuat untuk anak-anak yang bisa menghibur dan juga mendidik.

Beberapa di antara tempat bermain tersebut adalah Kebun Wisata Pasirmukti, Agrifun, dan Kebun Raya Bogor. Di Kebun Wisata Pasirmukti, Anda dan anak bisa melakukan banyak kegiatan seru, seperti tarik tambang, menangkap belut, dan yang paling seru adalah mengajarkan sang buah hati bagaimana membajak sawah.

Selain Kebun Wisata Pasir Mukti, tempat wisata di bogor lain yang bisa Anda datangi adalah Agrifun. Di sini, Anda bisa mengajarkan anak bagaimana serunya belajar sambil bermain di daerah pertanian, dan yang tak kalah seru adalah memeriksa kesehatan hewan, seolah-olah klinik hewan. Kalau mau mengajak anak berwisata sambil belajar sejarah,

Kebun Raya Bogor tempatnya. Ada banyak peninggalan sejarah yang bisa Anda kenalkan dengan anak, seperti sejarah pembuatan kebun, hingga jenis tanaman yang telah dibangun sejak zaman Belanda.

3. Bandung

JIka ingin mencoba mencari tempat yang agak jauh, mungkin Anda bisa menyambangi Bandung yang masih berada di Jawa Barat. Kota ini memang terkenal sebagai sasarn wisatawan yang ingin menghabiskan akhir pekan. Selain udaranya sejuk, kota ini juga memiliki tempat wisata yang bisa di datangi bersama anak.

Salah satu yang sedang terkenal adalah De Ranch. De Ranch sudah terkenal di kalangan para traveler, karena menyajikan wisata berkuda ala koboi. Benar sekali, di sini pengunjung bisa naik kuda sambil mengenakan kostum ala koboi Amerika.

Tempat wisata lain yang juga sedang naik daun adalah Vin’s Berry Park. Tempat yang berlokasi di Jalan Kol Masturi Atas, Lembang, Jawa Barat, ini menyuguhkan wisata kebun dengan beragam jenis tanaman. Mulai dari stroberi, raspberry, blackberry, markisa, jambu batu, jambu air, hingga nangka. Selain itu, ada pula kebun yang ditanami beragam sayuran. Puas bermain, ajak anak Anda memanjakan diri dengan berbelanja pakaian di factory outlet yang tersebar di banyak kawasan di Bandung.

4. Semarang

Berjalan agak jauh ke Jawa Tengah, Anda juga bisa menemukan kota yang ramah untuk anak-anak, yaitu Semarang. Kota ini terkenal sebagai kota dengan penduduk yang ramah. Dengan cara tidak langsung, Anda bisa mencontohkan sikap ramah yang ditemui di Semarang kepada sang anak, sebagai sikap yang baik.

Tidak hanya lingkungan, Semarang juga memiliki daerah wisata yang patut dikunjungi bersama anak, seperti Umbul Sidomukti. Di sini, Anda bisa berlibur sambil menikmati indahnya panorama Lereng Gunung Ungaran. Anda juga merasakan asyiknya berenang dari kolam berisi mata air jernih, dan outbond bersama buah hati.

Tempat lain yang patut dikunjungi adalah Museum Jamu Nyoya Meneer. Museum yang berada di Jalan Raya Kaligawe, Semarang ini menyimpan banyak sejarah tentang proses pembuatan jamu dan berbagai macam jenis jamu. Di sini, Anda dan anak dapat melihat foto Nyonya Meneer, koleksi alat-alat yang digunakan Nyonya Meneer pada masa lalu, tempat jamu dari kuningan, redan berbagai koleksi lainnya yang menarik. Selain itu, Anda juga bisa melihat replika tentang peracikan jamu secara tradisional.