img  Pernikahan bukanlah suatu keputusan yang diambil hanya dalam waktu semalam. Jika Anda mengalami beberapa hal ini, mungkin sebaiknya Anda memikirkan kembali keputusan untuk segera menikah.


1. Anda Tidak Bergaul dengan Keluarganya
Banyak orang yang menganggap bahwa kedekatan dengan keluarga pasangan bisa semakin terjalin sejalan dengan usia pernikahan. Jangan sampai Anda terjebak dengan anggapan ‘palsu’ ini.

Kenyataannya, masalah dengan mertua atau saudara ipar bisa lebih parah dari waktu ke waktu, terutama jika Anda memiliki anak. Oleh karena itu, jika keluarga pasangan seringkali memberikan masalah terhadap hubungan asamara sebelum menikah, ada baiknya Anda dan pasangan memikirkan kembali rencana perkawinan.

2. Anda Belum Berkencan untuk Paling Tidak Selama Setahun
Kebanyakan orang berada pada sikap dan perilaku terbaiknya pada 12 bulan di awal hubungannya. Setelah itu, mereka mulai ‘menurunkan’ standar serta imejnya, jadi inilah waktu yang tepat untuk menilai pribadi pasangan yang sebenarnya. Hal ini sangat penting, karena setelah menikah, Anda akan menghabiskan waktu bersama pasangan selama-lamanya. Anda perlu mengetahui apakah si dia adalah seseorang tepat untuk hidup berdampingan tiap hari dan di masa saat fase bulan madu telah lewat.

3. Anda Tidak Menemukan Kesepakatan Tentang Anak, Karir dan Masalah Mendasar Lainnya
Banyak pasangan yang terjebak dalam perencanaan pesta pernikahan, sehingga mereka lupa untuk membicarakan masalah kehidupan bersaman. Mulai dari kapan waktu memiliki anak, banyaknya jumlah anak, tinggal di rumah orang tua, siapa yang membiayai kebutuhan sehari-hari atau sekedar masalah pembagian tugas rumah tangga.

Pasangan yang mau menikah sebaiknya tak hanya memperhatikan detail dekorasi pesta, atau gaun pernikahan saja. Karena inti dari pernikahan adalah kehidupan setelah pesta perkawinan dilaksanakan. Apabila Anda dan pasangan tak kunjung menemukan kesepakatan untuk masalah mendasar, tak ada salahnya jika kembali mempertimbangkan rencana pernikahan.