img Kehidupan pernikahan tidak berakhir hanya sampai di pelaminan, hidup setelahnya bahkan lebih berat dari itu. Untuk membuat pernikahan Anda tetap pada jalur yang benar, sebaiknya hindari empat perilaku berikut yang dapat membuat hubungan menjadi dingin, dikutip dari She Knows.


1. Menutupi Perasaan
Selalu menutup-nutupi apa yang Anda rasakan pada pasangan adalah ide yang buruk. Anda mungkin berpikir, diam adalah cara tepat untuk menghindari pertengkaran. Namun sebenarnya, hanya memendam emosi justru seperti bom waktu dan Anda bisa meledak kapan saja bahkan bila dipicu masalah kecil yang akhirnya berdampak buruk pada pernikahan. Misalnya saja, Anda tidak suka dengan kebiasaan suami yang suka menyela cerita Anda. Katakan langsung padanya, karena mungkin dia tidak sadar ketika melakukannya.

2. Tidak Pernah Bersenang-senang
Memasuki tahap bertahun-tahun pernikahan, Anda dan suami mungkin sudah lama tidak melakukan hal yang menyenangkan bersama. Urusan kerjaan dan rumah tangga menjadi daftar yang tidak ada habisnya. Lebih baik, rencanakan dengan suami sebuah perjalanan liburan yang seru, atau pergi makan dan nonton bersama. Selain memberikan penyegaran bagi hubungan, kegiatan bersenang-senang ini bisa membuat Anda dan suami lebih dekat lagi dengan mengulang masa-masa seru saat pacaran dulu.

3. Mendendam
Perkelahian biasa terjadi dalam suatu hubungan. Namun ketika perselisihan ini masih membuat Anda stres berminggu-minggu kemudian, sebaiknya Anda mencari cara untuk menghadapinya. Anda harus belajar memaafkan dan lampiaskan kemarahan pada hal-hal yang positif untuk lebih membuka pemikiran Anda. Bila rasa kesal itu masih belum hilang, bicarakanlah baik-baik dengan suami untuk mendapat penjelasan yang lebih dalam, jika kondisi ini dibiarkan, bisa-bisa pernikahan Anda tidak akan bertahan lama.

4. Tidak Saling Mendengarkan
Dalam kehidupan pernikahan, pernahkah Anda merasa tidak mengerti apa yang suami bicarakan dan hanya tersenyum untuk menanggapinya? Atau suami melakukan hal yang sama pada Anda? Hal ini wajar, ketika Anda dan pasangan tidak punya sesuatu untuk dibicarakan dan saling diam melakukan pekerjaan masing-masing. Namun jika terus begini, hubungan Anda dan suami lama-lama akan makin jauh. Untuk itu, usahakanlah untuk benar-benar mendengarkan cerita suami dan mulailah bertanya tentang harinya di kantor. Tunjukkan ketertarikan Anda pada ceritanya, dan suami pun akan melakukan hal yang sama.