img

Saat perusahaan menolak calon karyawan yang terlihat sempurna, itu bukanlah tanpa sebab. Si calon karyawan overqualifed bagi perusahaan misalnya, sehingga mereka memutuskan untuk menolaknya. Lantas apa lagi alasan lainnya? Simak selengkapnya di sini, seperti dikutip dari US News.
1. Tidak bisa membayar
Ada beberapa perusahaan yang berasumsi bahwa pelamar kerja yang mempunyai kemampuan dan kualitas yang tinggi daripada syarat lamaran, membuat mereka menginginkan gaji yang lebih tinggi. Hingga akhirnya, perusahaan memilih untuk menolak pelamar yang dianggap sempurna ketimbang harus memberi gaji yang besar.

2. Tidak mengerti pekerjaannya
Meskipun si calon karyawan sebelumnya memiliki jabatan yang tinggi di kantor lamanya dan terlihat sempurna, mereka juga bisa ditolak karena pihak perusahaan khawatir mereka tak paham dengan pekerjaan yang ditawarkan.

3. Khawatir bosan
Pihak perusahaan bisa menolak pelamar yang dianggap sempurna karena khawatir mereka akan merasa bosan dengan pekerjaan barunya. Perusahaan juga takut si pelamar menganggap pekerjaan yang ditawarkan tidak menantang.

4. Dibandingkan dengan atasan
Jika pelamar yang terlihat overqualified dan memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak daripada atasan atau manajernya, hal itu juga dikhawatirkan bisa menurunkan produktivitas kerja karyawan. Sehingga, perusahaan memutuskan untuk tidak menerimanya.

5. Segera berhenti
Alasan lainnya yang membuat pelamar yang sempurna ditolak oleh perusahaan yaitu mereka khawatir si pelamar mendadak berhenti kerja karena mendapatkan kesempatan dan tawaran yang lebih menarik di tempat lain.

Jika memang Anda merupakan salah satu calon karyawan yang overqualified, untuk bisa terhindar dari hal di atas, yang perlu Anda lakukan yaitu meyakinkan perusahaan bahwa Anda bukan termasuk orang yang mereka khawatirkan. Berusahalah sebaik mungkin dan tetap menjadi diri sendiri.