img
Dok. Thinkstock

Jakarta – Semua orang tentu tidak ingin diselingkuhi. Jika terjadi perselingkuhan dalam hubungan percintaan bukan berarti sepenuhnya salah pasangan yang selingkuh atau pihak ketiganya. Perselingkuhan juga dipengaruhi oleh sikap Anda dalam menjalani hubungan tersebut. Bila Anda mengalaminya hindari langsung menyalahkan pasangan atas hal tersebut, coba evaluasi diri sendiri. Simak lima sikap wanita yang memicu pria berpaling kepada wanita lain.

1. Suka Marah-marah
Menurut psikolog Roslina Verauli, M. Psi., pasangan yang berbohong dan selingkuh tentu ada penyebabnya. Salah satu sikap wanita yang bisa memicu pasangan selingkuh adalah sering marah-marah. Coba koreksi diri Anda, apa sering marah-marah tanpa alasan kepada pasangan sehingga dia merasa tidak nyaman?

“Sebenarnya yang mesti di-review dari kedua belah pihak. Pertama apa Anda terlalu galak? Mudah meledak-ledak? Dan secara emosional tidak stabil sehingga bisa memicu pasangannya untuk berbohong?” tutur Vera kepada Wolipop.

2. Posesif
Sikap posesif membuat sebagian orang merasa tidak nyaman termasuk pasangan. Bila Anda merupakan tipe wanita posesif kemudian pasangan selingkuh mungkin sikap ini yang menjadi salah satu penyebabnya. Ingatlah, setiap orang memiliki kebebasan dalam bertindak walaupun ia telah menjadi milik Anda. Oleh karena itu, coba belajar mengurangi sikap mengekang pasangan. Berikan ia waktu sendiri untuk menyenangkan dan me-refresh dirinya.

3. Terlalu Banyak Menuntut
Kebanyakan pria tidak nyaman bila pasangannya terlalu banyak menuntut. Beberapa wanita tanpa sadar sering menuntut kekasihnya baik berupa materi ataupun perhatian. Tidak semua pria bisa memahami hal tersebut. Jika suatu waktu pasangan selingkuh mungkin ini menjadi salah satu penyebab awalnya.

4. Tidak Suka dengan Teman-temannya
Beberapa wanita melarang kekasih bermain dengan teman-temannya. Bagi pria, teman merupakan saudara yang tidak bisa dijauhkan. Hal ini tentu membuat dia merasa tidak nyaman dan dapat menjadi pemicu perselingkuhan. Oleh karena itu, jika Anda kurang menyukai teman-teman pasangan, jangan tunjukkan sikap tersebut di depannya. Jangan buru-buru nyatakan perasaan cemburu, bicaralah baik-baik padanya dan katakan apa yang Anda rasakan dan inginkan darinya.

5. Terlalu Banyak Mengritik
Anda tidak perlu memperlakukan si dia layaknya anak kecil atau orang yang tidak dapat melakukan apa-apa karena kebanyakan pria tidak suka dianggap lemah. Selain itu, tidak ada orang yang ingin dikritik terus-menerus. Jika Anda terlalu banyak mengkritik bisa membuat pasangan tidak nyaman dan berpaling ke wanita lain. Maka dari itu sebaiknya katakan padanya dengan baik-baik bila ada sikap yang tidak Anda sukai tanpa harus melontarkan kritikan pedas.