Apakah komputer atau laptop kamu pernah mengalami ikon shortcut rusak atau berubah dari ikon yang semestinya.. termasuk icon shortcut yang ada di start menu windows. Pasti masalah ini bikin kamu gak nyaman atau merusak pemandangan kan bahkan membuat kita panik takutnya ada virus di komputer.. icon shortcut berubah tapi program / aplikasi masih bisa digunakan secara normal. Ikon shortcut tidak ditampilkan dengan benar karena sumber shortcut telah dipindahkan atau dihapus dan ini sering terjadi pada windows 7. biasanya sih terjadi karena seringnya install dan uninstall program di pc atau kejadian ini biasanya terjadi karena install ulang atau setelah repair windows ataupun restore windows menggunakan system restore,

1. kasusnya shortcut berubah menjadi putih atau tidak sesuai dengan shortcut program aplikasi yang dimaksud, walaupun shortcutnya rusak atau berubah tapi jika kita menjalankan aplikasinya melalu shortcut yang rusak tersebut aplikasi masih berjalan normal seperti biasa tapi tidak enak liat shortcut yang rusak seperti itu.
2. kasusnya kalo sobat mengklik salah satu shortcut program / aplikasi tidak berjalan sempurna / normal.. contohnya kita mau membuka winamp dan kita klik shortcut winamp yang terbuka aplikasi lain
contoh shortcut icon yang rusak bisa kamu liat seperti gambar dibawah ini
Cara Memperbaiki icon Shortcut yang berubah pada windows 7
Repair Icon Shortcut error
 Cara Memperbaiki icon Shortcut yang berubah pada windows 7
 
Troubleshooting /  solusi untuk menyelesaikan masalah diatas sebagai berikut :
1. Download file untuk memperbaiki shortcut icon yang rusak disini
2. Setelah selesai di download Ekstrak file tersebut.
3. Double klik Default_LNK_(Shortcut).reg, pilih yes, trus pilih ok
4. Double klik Rebuild_Icon_Cache.bat, maka akan muncul seperti gambar dibawah ini
Tekan aja tombol Enter atau tekan aja sembarang tombol di keyboard kamu. setelah kamu tekan tombol Enter maka akan muncul seperti gambar dibawah ini
perbaiki icon shortcut berubah
Tekan tombol Enter lagi masbro, setelah itu akan muncul seperti gambar dibawah ini
Langkah terakhir, nanti muncul pilih (Y/N) seperti gambar diatas pilih Y yaitu dengan menekan tombol Y pada keyboard, dan tekan tombol Enter, kemudian komputer/laptop akan merestart. Biarkan komputer / laptop merestart untuk menyelesaikan IconChache.db yang telah disetel ulang/baru. Dan semua shortcut icon kamu sudah normal kembali seperti semula.
Itulah Cara Memperbaiki Ikon Shortcut yang berubah atau rusak pada windows 7